HEADLINE NEWS
Kian Menjanjikan, Milenial hingga Artis Meraup Untung dari Bisnis Pertanian >>> Maslahat Kepada Umat, MUI Dukung Program Pertanian Kementan >>> Sapa Penyuluh se-Indonesia, Mentan SYL Perintahkan Harmonisasi dan Cek Lapangan >>> Kementan Dukung Jabar Ekspor Ubi Jalar ke Hongkong >>> Gubernur Jabar Ridwan Kamil Lepas Ekspor 30 ton Ubi Jalar ke Hongkong >>> Atasi Anjloknya Harga, Penyuluh Karangploso Olah Cabai Jadi Produk Olahan >>> Petani Bogor Panen Padi Organik, Kementan Dorong Korporasi Pertanian >>> Mentan Syahrul Buka Musyawarah Nasional Aspphami >>> DPR Apresiasi Peningkatan Kualitas Kerja Eselon 1 Kementan >>> Kabupaten Touna Sukses Ekspor Jagung, Kementan Dorong Kembangkan Korporasi Pertanian >>> Kementan Maksimalkan Penggunaan Alsintan di Lokasi Food Estate dengan Bimtek >>> Komisi IV DPR RI Dorong Kementan Jamin Ketersediaan Bibit Unggul di Seluruh Indonesia >>> Guru Besar UGM Ajak Semua Pihak Dukung Pembangunan Pertanian >>> Bupati Sebut Proyek Food Estate Peluang Besar Untuk Masyarakat Humbahas >>> Mentan SYL Serius Garap Food Estate di Pulang Pisau, Kalteng >>> Masyarakat dan Mahasiswa Kalteng Dukung Program Food Estate >>> IKA Fakultas Pertanian UNHAS Wilayah Jabodetabek Arifin Tasrif Dukung Kementan Dalam Penyediaan Pangan Serta Peningkatan Devisa Negara di Tengah Pandemi Covid-19 >>> Presiden Jokowi) Meminta Masyarakat Indonesia Menerapkan Budaya Tidak Membuang Makanan (Food Waste) >>> Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian, Akhmad Musyafak: Kinerja Ekspor Pertanian Pada Periode Agustus 2020 Mengalami Peningkatan Menjadi USD 2,4 Miliar Dibanding Tahun 2019 Yang Hanya USD 2,2 Miliar >>> Warso Farm Siap Kembangkan 13 Hektar Lahan Buah Naga dan Durian
Banner Banner Detail Atas
Banner Banner Detail Kanan

Menteri PUPR Sebut Mentan SYL Aktor Utama Food Estate

PSP
03 July 2020, 16:21
Menteri PUPR Sebut Mentan SYL Aktor Utama Food Estate
Jakarta, (CB) - Food Estate yang akan dilaksanakan di Kalimantan Tengah merupakan program Kementerian Pertanian (Kementan) dalam rangka meningkatkan produksi dan menjaga ketahanan pangan nasional. Setidaknya ada empat kementerian yang akan mendukung, yaitu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kementerian Pertahanan serta Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

"Pak Mentan Syahrul ditugaskan oleh Presiden untuk mempersiapkan food estate ini agar berjalan dengan baik. Jadi, kami saling berkoordinasi supaya apa yang direncakan bisa berhasil,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono usai bertemu dengan Syahrul Yasin Limpo, Jumat (7/3/2020).

Dikatakan Basuki, bahwa food estate akan fokus di 165 ribu hektar di eks pengolahan lahan gambut (PLG) di antara sungai Kapuas dan Barito. Namun, menurut Basuki walaupun namanya PLG, tapi yang 145 ribu merupakan tanah alluvial.

Sementar iru, Menteri Syahrul menjelaskan, pertemuannya dengan Basuki bertujuan untuk melaksanakan program-program prioritas antar kementerian di kabinet kerja sesuai arahan Presiden Joko Widodo. "Sesuai arahan Presiden Joko Widodo kami saling kompak di kabinet. Insya Allah kami siap, setelah KemenPUPR mempersiapkan water managmennya, tinggal Kementan yang melakukan budidayanya hingga selesai," katanya.

Diutarakannya, dalam proses pengerjaan sektor pertanian, sumber air menjadi sangat penting untuk mengaliri semua sawah. Oleh karena itu, Mentan berharap KemenPUPR dapat mengurus irigasi dan persiapan lainnya. "Setelah irigasi tersedia, kami akan melakukan pembudidayaan untuk mempersiapkan prasarana, petaninya, bibi-benih, pupuk, dan obat-obatan yang dibutuhkan," katanya.

Lebih lanjut, Mentan SYL menjelaskan, sejauh ini pihaknya juga sudah mempersiapkan jenis benih yang akan dipakai pada program food estate. Adapun benih yang digunakan bukanlah benih uji coba, melainkan benih yang sudah tervalidasi akan kualitasnya. "Sehingga benih ini akan menghasilkan produksi yang berkualitas. Yang pasti kita akan intervensi sampai ke pengolahan sawahnya dengan pertanian yang modern," pungkasnya. RS
Banner Banner List Kiri 1
RECENT POST
PSP Angkat Produksi Kementan Rencanakan Bangunkan Lagi Rawa Tidur
PSP
21 November 2018, 13:31
Angkat Produksi, Kementan Rencanakan Bangunkan Lagi Rawa Tidur
“Jadi kita akan buat pertanian terintegrasi antara hortikultura, ada pelihara ikan, itik, bebek, juga kambing".
PSP Langkah Besar Menteri Amran untuk Optimalkan Lahan Rawa
PSP
26 November 2018, 16:17
Langkah Besar Menteri Amran untuk Optimalkan Lahan Rawa
“Pada tahun 2019, direncanakan kami akan mengembangkan lahan rawa seluas 500 ribu ha yang tersebar di Kalimantan, Sumatera, dan Sulawesi".
PSP Mentan SYL Minta Aparat dan Petugas Pertanian Serius Bekerja
PSP
25 November 2019, 16:56
Mentan SYL Minta Aparat dan Petugas Pertanian Serius Bekerja
"Hidup ini tidak akan cukup dengan jabatan dan uang saja, tapi yang bisa mencukupkan kita adalah mensyukuri apa yang kita miliki".
PSP Kementan Sepakat Kerjasama dengan Kementerian PURR Terkait Infrastruktur Pertanian
PSP
04 December 2019, 11:53
Kementan Sepakat Kerjasama dengan Kementerian PURR Terkait Infrastruktur Pertanian
Maka, pertemuan ini adalah bukti dan komitmen Kementerian PUPR dalam rangka menjaga ketahanan pangan nasional".