HEADLINE NEWS
Kian Menjanjikan, Milenial hingga Artis Meraup Untung dari Bisnis Pertanian >>> Maslahat Kepada Umat, MUI Dukung Program Pertanian Kementan >>> Sapa Penyuluh se-Indonesia, Mentan SYL Perintahkan Harmonisasi dan Cek Lapangan >>> Kementan Dukung Jabar Ekspor Ubi Jalar ke Hongkong >>> Gubernur Jabar Ridwan Kamil Lepas Ekspor 30 ton Ubi Jalar ke Hongkong >>> Atasi Anjloknya Harga, Penyuluh Karangploso Olah Cabai Jadi Produk Olahan >>> Petani Bogor Panen Padi Organik, Kementan Dorong Korporasi Pertanian >>> Mentan Syahrul Buka Musyawarah Nasional Aspphami >>> DPR Apresiasi Peningkatan Kualitas Kerja Eselon 1 Kementan >>> Kabupaten Touna Sukses Ekspor Jagung, Kementan Dorong Kembangkan Korporasi Pertanian >>> Kementan Maksimalkan Penggunaan Alsintan di Lokasi Food Estate dengan Bimtek >>> Komisi IV DPR RI Dorong Kementan Jamin Ketersediaan Bibit Unggul di Seluruh Indonesia >>> Guru Besar UGM Ajak Semua Pihak Dukung Pembangunan Pertanian >>> Bupati Sebut Proyek Food Estate Peluang Besar Untuk Masyarakat Humbahas >>> Mentan SYL Serius Garap Food Estate di Pulang Pisau, Kalteng >>> Masyarakat dan Mahasiswa Kalteng Dukung Program Food Estate >>> IKA Fakultas Pertanian UNHAS Wilayah Jabodetabek Arifin Tasrif Dukung Kementan Dalam Penyediaan Pangan Serta Peningkatan Devisa Negara di Tengah Pandemi Covid-19 >>> Presiden Jokowi) Meminta Masyarakat Indonesia Menerapkan Budaya Tidak Membuang Makanan (Food Waste) >>> Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian, Akhmad Musyafak: Kinerja Ekspor Pertanian Pada Periode Agustus 2020 Mengalami Peningkatan Menjadi USD 2,4 Miliar Dibanding Tahun 2019 Yang Hanya USD 2,2 Miliar >>> Warso Farm Siap Kembangkan 13 Hektar Lahan Buah Naga dan Durian
Banner Banner Detail Atas
Banner Banner Detail Kanan

Kementan Tegaskan Daging Babi Aman Dikonsumsi

Inspektorat Jenderal
30 December 2019, 15:21
Kementan Tegaskan Daging Babi Aman Dikonsumsi
Humbahas, (CB) – Di sela mengkampanyekan virus wabah penyakit demam babi Afrika (African Swine Fever/ ASF) agar tidak menular dari ternak babi ke manusia di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Senin (30/12/2019), Kementerian Pertanian (Kementan) dengan tegas menyebut bahwa wabah virus ASF yang menulari ternak babi bukan penyakit zoonosis. Dengan demikian, daging babi aman dan sehat untuk dikonsumsi.

Hal itu disampaikan Inspektur Jenderal Kementan, Justan Riduan Siahaan di Humbahas dalam kegiatan yang bertema 'Kampanye Makan Daging Babi yang Aman dan Sehat'. "Zoonosis merupakan penyakit yang secara alami dapat menular dari hewan vertebrata ke manusia atau sebaliknya. Namun ASF bukan termasuk penyakit tersebut," kata Justan.

Dimana virus ini, jelas Justan, muncul pertama kali di Afrika tahun 1921, sehingga disebut demam penyakit babi Afrika. Virus ini masuk ke Indonesia baru tahun 2019, namun hingga saat ini belum diketahui asal penyebarannya. "Hingga saat ini kemungkinan penyebaran virus ASF dari makanan sisa yang diberikan ke ternak yang berasal dari negara luar," paparnya.

Maka dengan demikian, Justan meminta masyarakat agar berpartisipasi aktif untuk mensosialisasikan kepada masyarakat luas agar tidak takut mengkonsumsi daging babi. Apalagi, ternak babi merupakan salah satu penopang perekonomian di Kabupaten Humbahas. "Saya sendiri makan daging babi dua hari yang lalu. Kemaren juga baru makan, dan hari ini kita akan bersama-sama konsumsi daging ini. Kalo bukan kita siapa lagi," kastanya.

Pada kesempatan yang sama, Yuni Yupiana, salah seorang Medik Veteriner dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan menerangkan bahwa Virus ASF memiliki ukuran sangat kecil dan penyebarannya bisa melalui kontak langsung dengan ternak babi atau melalui makanan sisa yang terkontaminasi. Bahkan melalui perantara yang secara tidak disadari bahwa virus tersebut sudah menempel. "Bisa melalui peralatan kandang dimana virus ini sudah menempel. Namun tidak kita bersihkan, kendaraan juga bisa bahkan manusia dapat membawa penyebaran virus," jelasnya.

Dia mencontohkan, dari penyebaran melalui manusia, yakni jika seorang peternak pergi ke wilayah yang sudah terjangkit virus ASF. Selanjutnya peternak tersebut pergi ke wilayah yang belum terjangkit virus ASF tanpa melakukan pembersihan terlebih dahulu, maka wilayah yang belum terinfeksi bisa ikut terjangkit. "Jadi untuk peternak hewan babi jika mau ke peternakannya upayakan menggunakan peralatan khusus di peternakannya sehingga lebih terjamin kebersihannya," terangnya.

Yuni mengungkapkan, makanan yang terkontaminasi virus juga penyebab penyebaran virus yang paling utama. Karena itu, sebaiknya ternak babi untuk tidak diberikan makanan sisa apalagi makanan tersebut berasal dari negara luar. "Namun jika memang tidak ada pilihan yang lain karena alasan kurang dana mungkin sehingga harus memberikan makanan sisa maka makanan tersebut harus dimasak hingga mendidih terlebih dahulu baru diberikan ke ternak," bebernya.

Yuni juga menjabarkan tentang biosecurity yang dapat dilakukan untuk mencegah masuk dan menyebarannya virus ASF. Diantaranya yakni menjaga sanitari kandang dengan membersihkan secara rutin dengan sabun dan desinfektan, tidak melepas ternak babi secara liar, mengendalikan lalu lintas ternak antar daerah dengan mengaktifkan Pos lintas ternak. "Dan terakhir, masyarakat harus aktif untuk melaporkan segera ke petugas keswan setempat jika ada tanda tanda yang tidak biasa pada hewan ternaknya," ujarnya.

Kampanye makan daging babi ini, selain dihadiri Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, juga dihadiri 600 an lebih masyarakat yang terdiri dari dari pemerintah daerah, Badan Perwakilan Desa (BPD), tokoh adat dan peternak babi se Kabupaten Humbang Hasundutan. RS
Banner Banner List Kiri 1
RECENT POST
Inspektorat Jenderal Komit Bebas KKN Mentan Minta KPK Awasi Terus Penggunaan Anggaran
Inspektorat Jenderal
25 September 2018, 17:16
Komit Bebas KKN, Mentan Minta KPK Awasi Terus Penggunaan Anggaran
“Satgas pangan yang didalamnya ada KPK telah berkantor di Kementan sudah tahun kedua, masuk ketiga ini. Kami ingin diawasi, staf kami diawasi, seluruh personil yang ada di Kementan diawasi".
Inspektorat Jenderal Sudah 3 Tahun KPK Kawal Anggaran Kementan
Inspektorat Jenderal
07 November 2018, 16:52
Sudah 3 Tahun KPK Kawal Anggaran Kementan
"Lalu angka penduduk miskin di desa juga menurun. Mayoritas penduduk yang tinggal di desa bekerja sebagai petani".
Inspektorat Jenderal Kembali Raih Penghargaan dari KPK Kementan Tegaskan Komitmen Pemberantasan Korupsi
Inspektorat Jenderal
05 December 2018, 18:20
Kembali Raih Penghargaan dari KPK, Kementan Tegaskan Komitmen Pemberantasan Korupsi
"Kita tegas menerapkan aturan baik untuk penyelenggara negara maupun pengusaha yang bermain-main dengan anggaran dan kinerja".
Inspektorat Jenderal Rektor IPB Bangga Mentan Amran Paling Berani Lawan Mafia
Inspektorat Jenderal
24 January 2019, 15:22
Rektor IPB Bangga Mentan Amran Paling Berani Lawan Mafia
"Revolusi industri 4.0 sudah menjadi sebuah keniscayaan, mau tidak mau, suka tidak suka harus dilakukan".