HEADLINE NEWS
Kian Menjanjikan, Milenial hingga Artis Meraup Untung dari Bisnis Pertanian >>> Maslahat Kepada Umat, MUI Dukung Program Pertanian Kementan >>> Sapa Penyuluh se-Indonesia, Mentan SYL Perintahkan Harmonisasi dan Cek Lapangan >>> Kementan Dukung Jabar Ekspor Ubi Jalar ke Hongkong >>> Gubernur Jabar Ridwan Kamil Lepas Ekspor 30 ton Ubi Jalar ke Hongkong >>> Atasi Anjloknya Harga, Penyuluh Karangploso Olah Cabai Jadi Produk Olahan >>> Petani Bogor Panen Padi Organik, Kementan Dorong Korporasi Pertanian >>> Mentan Syahrul Buka Musyawarah Nasional Aspphami >>> DPR Apresiasi Peningkatan Kualitas Kerja Eselon 1 Kementan >>> Kabupaten Touna Sukses Ekspor Jagung, Kementan Dorong Kembangkan Korporasi Pertanian >>> Kementan Maksimalkan Penggunaan Alsintan di Lokasi Food Estate dengan Bimtek >>> Komisi IV DPR RI Dorong Kementan Jamin Ketersediaan Bibit Unggul di Seluruh Indonesia >>> Guru Besar UGM Ajak Semua Pihak Dukung Pembangunan Pertanian >>> Bupati Sebut Proyek Food Estate Peluang Besar Untuk Masyarakat Humbahas >>> Mentan SYL Serius Garap Food Estate di Pulang Pisau, Kalteng >>> Masyarakat dan Mahasiswa Kalteng Dukung Program Food Estate >>> IKA Fakultas Pertanian UNHAS Wilayah Jabodetabek Arifin Tasrif Dukung Kementan Dalam Penyediaan Pangan Serta Peningkatan Devisa Negara di Tengah Pandemi Covid-19 >>> Presiden Jokowi) Meminta Masyarakat Indonesia Menerapkan Budaya Tidak Membuang Makanan (Food Waste) >>> Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian, Akhmad Musyafak: Kinerja Ekspor Pertanian Pada Periode Agustus 2020 Mengalami Peningkatan Menjadi USD 2,4 Miliar Dibanding Tahun 2019 Yang Hanya USD 2,2 Miliar >>> Warso Farm Siap Kembangkan 13 Hektar Lahan Buah Naga dan Durian
Banner Banner Detail Atas
Banner Banner Detail Kanan

Entaskan Kemiskinan, Bumiayu Dukung Program Bekerja Kementan

Hortikultura
21 September 2018, 15:22
Entaskan Kemiskinan, Bumiayu Dukung Program Bekerja Kementan
Bumiayu, Brebes, Capingbiru.com - Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) Kementerian Pertanian (Kementan) mulai menyasar 3.096 Rumah Tangga Miskin (RTM) di Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Mulai dari pemerintah setempat hingga masyarakat mendukung program ini karena dinilai ampuh mengatasi ekonomi sulit rumah tangga, khususnya RTM.

"Saya senang sekali dapat bantuan ayam ini pak. Mudah-mudahan manfaatnya bisa kami nikmati bersama istri saya nanti pak,” kata Wasrip, salah satu penerima bantuan Program Bekerja Kementan berupa ayam 50 ekor, kandang ayam, serta pakannya di Desa Negaradaha, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, kepada capingbiru.com, Jumat (21/9/2018).

Menurut kakek berusia 60 tahun ini, dia bersama istrinya akan memelihara ayamnya hingga berkembang banyak. “Tunggu dulu banyak pak, baru setelah itu kami bisa jual buat kebutuhan sehari-hari,” terangnya.

Senada dengan Wasrip, Subar juga mengaku makin bersemangat mengurus ayamnya karena harus menghidupi istri dan dua anaknya yang masih duduk di bangku sekolah SMP dan SMA. “Anak saya dua pak, dan masih sekolah di SMP dan SMA, mereka butuh dana. Mudah-mudahan bantuan pemerintah dari Program Bekerja ini bisa berkembang agar dapat membantu saya menyekolahkan anak-anak hingga perguruan tinggi,” katanya dengan gembira.

Untuk itu, dia akan berusaha keras mengurus ternaknya agar berkembang terus. “Telornya tidak dijual dulu pak, nanti biarkan dia menetas agar ayam ini banyak. Kemudian kandangnya akan saya perluas,” terang Subar yang bekerja sebagai buruh tani ini.

alt text

Begitu juga dengan Camad dan Musa yang mengaku sangat senang mendapat bantuan ayam 50 ekor dari Program Bekerja Kementan. “Tentu kami sangat senang pak atas bantuan ini. Kami berencana jika ayam ini sudah berkembang banyak, hasilnya akan kami beli kambing. Untuk itu, kami akan terus mendukung Program Bekerja Kementan supaya terus berkelanjutan,” papar warga Desa Bumiayu, Kecamatan Bumiayu ini.

Pada kesempatan itun pula, Asisten Daerah II Kabupaten Brebes, Muhammad Iqbal yang melihat masyarakat Bumiayu antusias dengan Program Bekerja Kementan ini berharap agar bantuan yang diberikan pemerintah bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat miskin di Kabupaten Brebes. “Kabupaten Brebes akan melakukan pendampingan, khususnya pembiayaan nantinya,” katanya.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Brebes, Yulia juga mengucapkan terimkasih kepada pemerintah pusat yang mengalokasikan Program Bekerja di Kabupaten Brebes. “Kami akan memfasilitasi para peternak yang mendapat bantuan. Untuk itu, kami berjanji akan melaksanakan tugas dengan sepenuh hati untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat miskin di Kabupaten Brebes,” ujarnya.

Program Bekerja Kementan ini juga diharapkan Apriyanto, Camat Bumiayu bisa meningkatkan pendapatan masyarakat miskin di daerahnya. “Semoga di 15 desa di Bumiayu ini yang masih terdapat masyarakat miskin bisa menambah pendapatannya dan memberikan sesuatu yang positif,” katanya.

Terkait dengan pengawalan Program Bekerja Kementan supaya tepat sasaran dan berjalan dengan baik, Serda Eko, Babinsa di Desa Bumiayu menyatakan siap mengawal dan memberikan pendampingan. “Kami selaku Babinsa selalu memonitoring perkembangan-perkembangan bantuan pemerintah tersebut,” tegasnya.

Kepala Desa Kalinusu, Rony mengutarakan bahwa kerjasama antar warganya sangat tinggi sehubungan dengan Program Bekerja Kementan tersebut. “Buktinya, pengerjaan kandang ayamnya dilakukan secara bergotongroyong,” katanya.

alt text

Sementara Ketua Program Bekerja Kementan, Nasrullah menjelaskan bahwa seluruh RTM penerima sudah menerima jumlah ayam dengan tepat yakni 50 ekor lengkap dengan kandangnya. Respon masyarakatpun, lanjutnya, sangat senang dan terharu, juga memiliki harapan besar dengan bantuan pemerintah ini agar memperbaiki taraf hidupnya. Untuk itu, dia berharap agar Program Bekerja ini berkelanjutan. Sebab, besar peluang untuk membantu peningkatan pendapatan masyarakat miskin. "Yang terima kan masyarakat miskin," kata Nasrullah.

Selain itu, Nasrullah juga menjelaskan bahwa program bekerja ini nantinya akan dapat mempersempit ruang gerak oknum pedagang yang ingin mempermainkan harga. "Nantinya bisa memproteksi tengkulak yang akan mempermainkan harga. Maka diharapkan bekerjasama dengan Bumdes (Badan Usaha Milik Desa),” pungkasnya. RS
Banner Banner List Kiri 1
RECENT POST
Hortikultura Penangkar Benih Bawang Putih Komitmen Perangi Benih Palsu dan Oplosan
Hortikultura
02 September 2018, 14:35
Penangkar Benih Bawang Putih Komitmen Perangi Benih Palsu dan Oplosan
"Namun demikian, kita wajib mengapresiasi para penangkar benih bawang putih yang telah berkomitmen pada prinsip menjaga mutu".
Hortikultura Varietas Tawangmangu Baru Didorong Untuk Swasembada Bawang Putih
Hortikultura
09 September 2018, 17:14
Varietas Tawangmangu Baru Didorong Untuk Swasembada Bawang Putih
"Ke depan jenis ini akan didorong dorong produksi maupun produktivitasnya. Selain untuk konsumsi, juga dijadikan bakal benih untuk musim tanam berikutnya".
Hortikultura Entaskan Kemiskinan Bumiayu Dukung Program Bekerja Kementan
Hortikultura
21 September 2018, 15:22
Entaskan Kemiskinan, Bumiayu Dukung Program Bekerja Kementan
“Anak saya dua pak, dan masih sekolah di SMP dan SMA, mereka butuh dana. Mudah-mudahan bantuan pemerintah dari Program Bekerja ini bisa berkembang agar dapat membantu saya menyekolahkan anak-anak hingga perguruan tinggi".
Hortikultura Setelah Ayam Kementan Sediakan Benih Hortikultura ke RTM di Brebes
Hortikultura
21 September 2018, 18:14
Setelah Ayam, Kementan Sediakan Benih Hortikultura ke RTM di Brebes
Nantinya pihak swasta sebagai industri kecil dan menengah akan diundang untuk masuk ke daerah ini untuk memproduksi, misalnya kripik pisang".