HEADLINE NEWS
Kian Menjanjikan, Milenial hingga Artis Meraup Untung dari Bisnis Pertanian >>> Maslahat Kepada Umat, MUI Dukung Program Pertanian Kementan >>> Sapa Penyuluh se-Indonesia, Mentan SYL Perintahkan Harmonisasi dan Cek Lapangan >>> Kementan Dukung Jabar Ekspor Ubi Jalar ke Hongkong >>> Gubernur Jabar Ridwan Kamil Lepas Ekspor 30 ton Ubi Jalar ke Hongkong >>> Atasi Anjloknya Harga, Penyuluh Karangploso Olah Cabai Jadi Produk Olahan >>> Petani Bogor Panen Padi Organik, Kementan Dorong Korporasi Pertanian >>> Mentan Syahrul Buka Musyawarah Nasional Aspphami >>> DPR Apresiasi Peningkatan Kualitas Kerja Eselon 1 Kementan >>> Kabupaten Touna Sukses Ekspor Jagung, Kementan Dorong Kembangkan Korporasi Pertanian >>> Kementan Maksimalkan Penggunaan Alsintan di Lokasi Food Estate dengan Bimtek >>> Komisi IV DPR RI Dorong Kementan Jamin Ketersediaan Bibit Unggul di Seluruh Indonesia >>> Guru Besar UGM Ajak Semua Pihak Dukung Pembangunan Pertanian >>> Bupati Sebut Proyek Food Estate Peluang Besar Untuk Masyarakat Humbahas >>> Mentan SYL Serius Garap Food Estate di Pulang Pisau, Kalteng >>> Masyarakat dan Mahasiswa Kalteng Dukung Program Food Estate >>> IKA Fakultas Pertanian UNHAS Wilayah Jabodetabek Arifin Tasrif Dukung Kementan Dalam Penyediaan Pangan Serta Peningkatan Devisa Negara di Tengah Pandemi Covid-19 >>> Presiden Jokowi) Meminta Masyarakat Indonesia Menerapkan Budaya Tidak Membuang Makanan (Food Waste) >>> Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian, Akhmad Musyafak: Kinerja Ekspor Pertanian Pada Periode Agustus 2020 Mengalami Peningkatan Menjadi USD 2,4 Miliar Dibanding Tahun 2019 Yang Hanya USD 2,2 Miliar >>> Warso Farm Siap Kembangkan 13 Hektar Lahan Buah Naga dan Durian
Banner Banner Detail Atas
Banner Banner Detail Kanan

Dedi Nursyamsi : Prioritaskan Peningkatan Sapras Penyuluh Pertanian

Badan PP SDM
17 March 2020, 14:27
Dedi Nursyamsi : Prioritaskan Peningkatan Sapras Penyuluh Pertanian
Jakarta, (CB) - Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Kementerian Pertanian (Kementan) memprioritas dukungan sarana dan prasarana (sapras) penyuluh pertanian guna meningkatkan kemudahan dan kontribusi penyuluh dalam melakukan pendampingan petani. Peran penyuluh sangat menentukan peningkatan produksi dan kesejahteraan petani serta mentranspormasi ilmu pengetahuan untuk pembangunan pertanian berbasis digital atau teknologi 4.0.

“Sapras penyuluh itu seperti kendaraan, fasilitas Kostratani (Komando Strategis Pembangunan Pertanian,-red) yang ada di setiap Balai Penyuluhan Pertanian per kecamatan. Outnya, peningkatanya sapras ini untuk menjadikan penyuluh berperan produktif dan disertai peningkatan produktivitas komoditas dan tambahan pendapatan petani,” terang Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi usai menerima kunjungan Kepala Dinas Tanaman pangan dan Hortikultura, Kabupaten Tolitoli, Rustan Rewa, Selasa (17/3/2020).

Kehadiran Program Kostratani, lanjut Dedi, menuntut pada peningkatan sapras penyuluh atau Balai Penyuluhan Pertanian (BPP), seperti perbaikan kantor BPP, kendaraan operasional penyuluh, perangkat teknologi informasi.

Selain itu, katanya, turut diperkuat juga peningkatan kapasitas penyuluh pertanian melalui pelatihan tematik, dan kelembagaan posluhdes dan penyelenggaraan penyuluhan pertanian juga akan diperkuat. “Oleh karena itu, penyelenggaraan Kostratani dilakukan di Balai Penyuluhan Pertanian atau BPP, akan berfungsi sebagai pusat data dan informasi, pusat pembelajaran untuk penyuluh dan petani, pusat gerakan pembangunan pertanian, pusat konsultasi agribisnis dan pusat pengembangan jejaring kemitraan. BPP akan menjadi center of excelent semua aktivitas pertanian,” urainya.

Dengan Kostratani, lanjut Dedi, semua fungsional di kecamatan juga akan bergerak dan berperan, tidak hanya penyuluh pertanian, tetapi juga fungsional lainnya seperti mantri tani, POPT, petugas medik veteriner, paramedik veteriner. “Hingga petugas penjaga pintu air, petugas IT, pengawas alsintan, Koramil, dan Polsek tak ketinggalan,” katanya.

Sementara Rustan Rewa menyebut prioritas sapras penyuluh melalui Program Kostratani sangat sesuai dengan kebutuhan dalam mempercepat pembangunan pertanian. Pasalnya, penyuluh sebagai ujung tom bak keberhasilan tidaknya suatu usaha tani dan hadirnya peningkatan pendapatan petani. “Saya selaku aparatur sipil negara yang berasal dari penyuluh sangat sepakat bahkan mengucapkan banyak terima kasih atas program dan perhatian yang tengah disukseskan Pak Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengedepankan peran penyuluh pertanian. selama ini memang keluhan di lapangan soal sapras, jadi peningkatan sapras penyuluh apalagi berbasis digital itu langkah yang tepat memajukan pertanian,” terangnya.

Untuk itulah, Rustan menekankan Pemkab Tolitoli siap mensukseskan Program Kostratani. Menghadapi bonus demografi dan diikuti dengan semakin sempitnya lahan pertanian memang sangat membutuhkan tenaga penyuluhan yang mengajak petani untuk bertani secara modern dan mandiri agar pertanian semakin maju. “Penyuluh di Tolitoli sangat gembira dengan fokus program pemerintah pusat pada peningkatan kinerja penyuluh. Kami yakin, penyuluh maksimal bergerak maka peningkatan produksi ikut naik dan kesejahteraan petani pun semakin bagus,” pungkasnya. Ram
Banner Banner List Kiri 1
RECENT POST
Badan PP SDM Kadin Apresiasi Capaian Investasi dan Ekspor Pangan
Badan PP SDM
23 November 2018, 16:45
Kadin Apresiasi Capaian Investasi dan Ekspor Pangan
“Dengan izin yang cepat dari Kementan, maka dalam waktu dekat kami akan merealisasikan semua izin investasi".
Badan PP SDM Terobosan Kebijakan Kementan Hasilkan Capaian Penting di Sektor Pertanian dan Pangan
Badan PP SDM
28 November 2018, 07:52
Terobosan Kebijakan Kementan Hasilkan Capaian Penting di Sektor Pertanian dan Pangan
"Alsintan terus dikejar sehingga produksi pertanian bisa maksimal dan efisien diseluruh Indonesia".
Badan PP SDM Kurikulum Kopi dan Kakao Tingkatkan Kompetensi
Badan PP SDM
07 December 2018, 19:25
Kurikulum Kopi dan Kakao Tingkatkan Kompetensi
“Komposisi kurikulum yang akan dituangkan nantinya 30% teori dan 70% praktek melalui teaching factory".
Badan PP SDM Kementan Dorong Petani Berkiprah di Era Revolusi Industri 40
Badan PP SDM
08 January 2019, 18:32
Kementan Dorong Petani Berkiprah di Era Revolusi Industri 4.0
"Terbukti dengan banyaknya pertanian konvensional yang ditemui di berbagai wilayah Indonesia".