HEADLINE NEWS
Kian Menjanjikan, Milenial hingga Artis Meraup Untung dari Bisnis Pertanian >>> Maslahat Kepada Umat, MUI Dukung Program Pertanian Kementan >>> Sapa Penyuluh se-Indonesia, Mentan SYL Perintahkan Harmonisasi dan Cek Lapangan >>> Kementan Dukung Jabar Ekspor Ubi Jalar ke Hongkong >>> Gubernur Jabar Ridwan Kamil Lepas Ekspor 30 ton Ubi Jalar ke Hongkong >>> Atasi Anjloknya Harga, Penyuluh Karangploso Olah Cabai Jadi Produk Olahan >>> Petani Bogor Panen Padi Organik, Kementan Dorong Korporasi Pertanian >>> Mentan Syahrul Buka Musyawarah Nasional Aspphami >>> DPR Apresiasi Peningkatan Kualitas Kerja Eselon 1 Kementan >>> Kabupaten Touna Sukses Ekspor Jagung, Kementan Dorong Kembangkan Korporasi Pertanian >>> Kementan Maksimalkan Penggunaan Alsintan di Lokasi Food Estate dengan Bimtek >>> Komisi IV DPR RI Dorong Kementan Jamin Ketersediaan Bibit Unggul di Seluruh Indonesia >>> Guru Besar UGM Ajak Semua Pihak Dukung Pembangunan Pertanian >>> Bupati Sebut Proyek Food Estate Peluang Besar Untuk Masyarakat Humbahas >>> Mentan SYL Serius Garap Food Estate di Pulang Pisau, Kalteng >>> Masyarakat dan Mahasiswa Kalteng Dukung Program Food Estate >>> IKA Fakultas Pertanian UNHAS Wilayah Jabodetabek Arifin Tasrif Dukung Kementan Dalam Penyediaan Pangan Serta Peningkatan Devisa Negara di Tengah Pandemi Covid-19 >>> Presiden Jokowi) Meminta Masyarakat Indonesia Menerapkan Budaya Tidak Membuang Makanan (Food Waste) >>> Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian, Akhmad Musyafak: Kinerja Ekspor Pertanian Pada Periode Agustus 2020 Mengalami Peningkatan Menjadi USD 2,4 Miliar Dibanding Tahun 2019 Yang Hanya USD 2,2 Miliar >>> Warso Farm Siap Kembangkan 13 Hektar Lahan Buah Naga dan Durian
Banner Banner Detail Atas
Banner Banner Detail Kanan

Menteri ATR/Kepala BPN Minta Setiap Jajaran Kementerian ATR/BPN Bekerja Baik

AGRARIA & TATA RUANG/BPN
18 November 2018, 13:23
Menteri ATR/Kepala BPN Minta Setiap Jajaran Kementerian ATR/BPN Bekerja Baik
Denpasar, (CB) - Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Sofyan A. Djalil meminta kepada seluruh jajaran Kementerian ATR/BPN bekerja baik.

"Bapak/Ibu bekerja dengan baik. Buat yang terbaik untuk bangsa," kata Sofyan A. Djalil dalam siaran persnya usai menutup Rapat Proyeksi dan Evaluasi Pencapaian Kinerja Tahun 2018 di Hotel Prime Plaza Sanur, Denpasar, Provinsi Bali, Jum'at (16/11/2018).

Menteri ATR/Kepala BPN mengatakan bahwa saat ini Sekretariat Jenderal sedang menyiapkan peraturan mengenai Key Performance Indicator. "Jadi, Bapak/Ibu tidak perlu lobi-lobi. Biar kami yang memikirkan karir Bapak/Ibu," kata Sofyan A. Djalil.

Melalui pelaksanaan rapat ini, Menteri ATR/Kepala BPN mengatakan nantinya akan ditemukan pejabat administrator Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota yang berpotensi menjadi pemimpin di masa yang akan datang. Selain itu, Rapat Evaluasi dan Proyeksi ini dapat mengetahui kerja Kantor Pertanahan. "Lebih transparan," ujar Sofyan A. Djalil.

"Format rapatnya sangat efisien, sehingga kami bisa mengetahui dengan mudah apa yang dikerjakan oleh Bapak/Ibu Kepala Kantor melalui presentasi yang disajikan," tambah Sofyan A. Djalil.

Sofyan A. Djalil melanjutkan bahwa dalam kurun waktu 2-3 tahun terakhir Kementerian ATR/BPN terus melakukan perbaikan-perbaikan agar menjadi lebih baik. Ia mengungkapkan bahwa banyak Gubernur mengapresiasi kerja Kantor Wilayah BPN Provinsi maupun Kantor Pertanahan di Kabupaten/Kota. "Kemarin kita juga mendapat penghargaan dari stasiun televisi terkait program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Ini membuktikan bahwa manfaat PTSL semakin dirasakan oleh masyarakat," imbuh Menteri ATR/Kepala BPN.

Selain itu, Presiden juga memberikan tugas yang besar. "Sempat ada keraguan namun kenyataannya seluruh jajaran Kementerian ATR/BPN telah bekerja maksimal sehingga target PTSL tahun lalu telah tercapai,” puji Sofyan A. Djalil.

Untuk mewujudkan ATR/BPN yang lebih baik, sejumlah inovasi juga kedepannya akan dilakukan oleh Kementerian ATR/BPN, yakni sertipikat tanah satu lembar. "Kedepannya nanti kita akan melakukan digitalisasi seluruh warkah. Jadi, kantor kita tidak perlu lagi menyimpan warkah, semuanya akan kita kembalikan ke pemohon. Setelah kita scan lalu diberi cap lalu digunting pada ujung sertipikat sebagai tanda," kata Menteri ATR/Kepala BPN.

"Untuk PTSL, kita juga mengarah ke pendaftaran tanah, tidak hanya penerbitan sertipikatnya. Artinya setiap K1, K2, K3, dan K4 punya produk. K1 tentu saja produknya sertipikat tanah, K2 berupa surat keterangan dari Kantor Pertanahan yang menyatakan bahwa tanah telah diukur, K3 berupa surat keterangan bahwa tanah telah diukur namun belum bisa diberikan sertipikatnya, dan K4 berupa berita acara yang menyatakan letak tanah sesuai dengan sertipikat tanah," kata Sofyan A. Djalil.

Menutup sambutannya, Menteri ATR/BPN memberikan apresiasi atas kinerja Kepala Kantor Pertanahan yang menjadi peserta di Rapat Evaluasi dan Proyeksi ini. "Terima kasih atas kinerja Bapak/Ibu," kata Sofyan A. Djalil. red
Banner Banner List Kiri 1
RECENT POST
AGRARIA & TATA RUANG/BPN Kementerian ATRBPN Terima Penghargaan atas Pelaksanaan Program PTSL
AGRARIA & TATA RUANG/BPN
17 November 2018, 14:17
Kementerian ATR/BPN Terima Penghargaan atas Pelaksanaan Program PTSL
“Terima kasih juga kami sampaikan kepada seluruh masyarakat di pelosok daerah yang turut berperan aktif menyukseskan PTSL".
AGRARIA & TATA RUANG/BPN Menteri ATRKepala BPN Minta Setiap Jajaran Kementerian ATRBPN Bekerja Baik
AGRARIA & TATA RUANG/BPN
18 November 2018, 13:23
Menteri ATR/Kepala BPN Minta Setiap Jajaran Kementerian ATR/BPN Bekerja Baik
"Format rapatnya sangat efisien, sehingga kami bisa mengetahui dengan mudah apa yang dikerjakan oleh Bapak/Ibu Kepala Kantor melalui presentasi yang disajikan".
AGRARIA & TATA RUANG/BPN Sistem Informasi Penataan Ruang untuk Pengurangan Resiko Bencana
AGRARIA & TATA RUANG/BPN
19 November 2018, 13:33
Sistem Informasi Penataan Ruang untuk Pengurangan Resiko Bencana
Pada masa yang akan datang rencana tata ruang daerah akan memasukkan aspek mitigasi bencana dalam peraturan zonasi dan Perda Rencana Tata Ruang Wilayah.
AGRARIA & TATA RUANG/BPN Pantau Capaian dan Kendala Target Kementerian ATRBPN Adakan Interaktif
AGRARIA & TATA RUANG/BPN
21 November 2018, 14:02
Pantau Capaian dan Kendala Target, Kementerian ATR/BPN Adakan Interaktif
“Kita membangun pull management, yaitu penilaian berbasis kinerja, saya diminta Pak Menteri untuk menyusun Peraturan Menterinya".