HEADLINE NEWS
Kian Menjanjikan, Milenial hingga Artis Meraup Untung dari Bisnis Pertanian >>> Maslahat Kepada Umat, MUI Dukung Program Pertanian Kementan >>> Sapa Penyuluh se-Indonesia, Mentan SYL Perintahkan Harmonisasi dan Cek Lapangan >>> Kementan Dukung Jabar Ekspor Ubi Jalar ke Hongkong >>> Gubernur Jabar Ridwan Kamil Lepas Ekspor 30 ton Ubi Jalar ke Hongkong >>> Atasi Anjloknya Harga, Penyuluh Karangploso Olah Cabai Jadi Produk Olahan >>> Petani Bogor Panen Padi Organik, Kementan Dorong Korporasi Pertanian >>> Mentan Syahrul Buka Musyawarah Nasional Aspphami >>> DPR Apresiasi Peningkatan Kualitas Kerja Eselon 1 Kementan >>> Kabupaten Touna Sukses Ekspor Jagung, Kementan Dorong Kembangkan Korporasi Pertanian >>> Kementan Maksimalkan Penggunaan Alsintan di Lokasi Food Estate dengan Bimtek >>> Komisi IV DPR RI Dorong Kementan Jamin Ketersediaan Bibit Unggul di Seluruh Indonesia >>> Guru Besar UGM Ajak Semua Pihak Dukung Pembangunan Pertanian >>> Bupati Sebut Proyek Food Estate Peluang Besar Untuk Masyarakat Humbahas >>> Mentan SYL Serius Garap Food Estate di Pulang Pisau, Kalteng >>> Masyarakat dan Mahasiswa Kalteng Dukung Program Food Estate >>> IKA Fakultas Pertanian UNHAS Wilayah Jabodetabek Arifin Tasrif Dukung Kementan Dalam Penyediaan Pangan Serta Peningkatan Devisa Negara di Tengah Pandemi Covid-19 >>> Presiden Jokowi) Meminta Masyarakat Indonesia Menerapkan Budaya Tidak Membuang Makanan (Food Waste) >>> Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian, Akhmad Musyafak: Kinerja Ekspor Pertanian Pada Periode Agustus 2020 Mengalami Peningkatan Menjadi USD 2,4 Miliar Dibanding Tahun 2019 Yang Hanya USD 2,2 Miliar >>> Warso Farm Siap Kembangkan 13 Hektar Lahan Buah Naga dan Durian
Banner Banner Detail Atas
Banner Banner Detail Kanan

Kementerian ATR/BPN Targetkan 3.000 SKB Tahun 2019

AGRARIA & TATA RUANG/BPN
14 March 2019, 16:04
Kementerian ATR/BPN Targetkan 3.000 SKB Tahun 2019
Jakarta, (CB) - Pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN menargetkan akan mendaftarkan dan menerbitkan 9 Juta bidang sertipikat hak atas tanah untuk memberikan kepastian hukum terhadap tanahnya. Seluruh bidang tanah yang ada di Indonesia, sebanyak 126 Juta bidang diharapkan sudah harus selesai didaftarkan pada tahun 2025.

Untuk melaksanakan pendaftaran dan penerbitan sertipikat bidang sesuai target pada tahun ini, dibutuhkan sumberdaya manusia yang tidak sedikit. Setidaknya 9.000 juru ukur untuk melakukan pengukurannya saja mengingat jumlah juru ukur Aparatur Sipil Negara (ASN) terbatas, maka dibuka kesempatan bagi masyarakat profesi Surveyor Kadaster Berlisensi (SKB) untuk berperan mendukung program Kementerian ATR/BPN. “Tahun ini akan kita terima sebanyak 3.000 SKB untuk menambah juru ukur ASN maupun SKB yang sudah ada,” kata Agus Wahyudi, Direktur Pengukuran dan Pemetaan Dasar, Kementerian ATR/BPN saat membuka ujian lisensi bagi 735 Orang calon SKB di Aula YTKI, Jakarta. Kegiatan tersebut didukung penuh oleh Kantor Wilayah BPN Provinsi DKI Jakarta.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi DKI Jakarta, Jaya menyampaikan arahan kepada peserta ujian. Disampaiaknnya, kegiatan pendaftaran tanah di Indonesia diharapkan selesai hingga tahun 2025, khusus untuk DKI Jakarta ditargetkan selesai tahun ini juga, selanjutnya akan ada kegiatan pemeliharaan data pertanahan. “Teman-teman SKB sebagai mitra BPN tidak hanya mengerjakan kegiatan pengumpulan data fisik. Peluang profesi ini akan terus terbuka lebar,” katanya.

Namun demikian, lanjut Jaya, seorang surveyor harus berhati-hati dalam melakukan pekerjaannya, karena dia memegang tanggung jawab penuh atas hasil data pengukuran di lapangan. “Sekarang kita sedang merumuskan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Survei Kadastral yang diharapkan akan di-launching oleh Direktur Jenderal Infrastruktur Keagrariaan pada bulan Agustus mendatang,” tuturnya.

Minggu depan, ujarnya, pihaknya akan mulai FGD I dan dilanjutkan dengan Pra Konvensi dan Konvensi dengan melibatkan beberapa pemangku kepentingan seperti Direktorat Jenderal Hubungan Hukum, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional, Biro Organisasi dan Kepegawaian, Badan Informasi Geospasial, Kementerian Ketenagakerjaan, Akademisi, Asosiasi Profesi dan lain-lain.

“Dengan demikian, maka tahun depan sebelum ujian lisensi seperti hari ini, calon SKB diharuskan lulus uji kompetensi sesuai SKKNI Survei Kadastral yang akan ditetapkan,” tutup Agus Wahyudi. red
Banner Banner List Kiri 1
RECENT POST
AGRARIA & TATA RUANG/BPN Kementerian ATRBPN Terima Penghargaan atas Pelaksanaan Program PTSL
AGRARIA & TATA RUANG/BPN
17 November 2018, 14:17
Kementerian ATR/BPN Terima Penghargaan atas Pelaksanaan Program PTSL
“Terima kasih juga kami sampaikan kepada seluruh masyarakat di pelosok daerah yang turut berperan aktif menyukseskan PTSL".
AGRARIA & TATA RUANG/BPN Menteri ATRKepala BPN Minta Setiap Jajaran Kementerian ATRBPN Bekerja Baik
AGRARIA & TATA RUANG/BPN
18 November 2018, 13:23
Menteri ATR/Kepala BPN Minta Setiap Jajaran Kementerian ATR/BPN Bekerja Baik
"Format rapatnya sangat efisien, sehingga kami bisa mengetahui dengan mudah apa yang dikerjakan oleh Bapak/Ibu Kepala Kantor melalui presentasi yang disajikan".
AGRARIA & TATA RUANG/BPN Sistem Informasi Penataan Ruang untuk Pengurangan Resiko Bencana
AGRARIA & TATA RUANG/BPN
19 November 2018, 13:33
Sistem Informasi Penataan Ruang untuk Pengurangan Resiko Bencana
Pada masa yang akan datang rencana tata ruang daerah akan memasukkan aspek mitigasi bencana dalam peraturan zonasi dan Perda Rencana Tata Ruang Wilayah.
AGRARIA & TATA RUANG/BPN Pantau Capaian dan Kendala Target Kementerian ATRBPN Adakan Interaktif
AGRARIA & TATA RUANG/BPN
21 November 2018, 14:02
Pantau Capaian dan Kendala Target, Kementerian ATR/BPN Adakan Interaktif
“Kita membangun pull management, yaitu penilaian berbasis kinerja, saya diminta Pak Menteri untuk menyusun Peraturan Menterinya".